·
Faktor Budaya
merupakan faktor yang paling luas dan mendasar dalamperilaku konsumen dalam
menentukan keputusan pembelian suatuproduk. Misalnya dalam produk baju. Di
indonesia saat ini penjualblackberry sedang meningkat pesan. Hal ini
dikarenakan blackberrymemiliki teknologi yang canggih seperti BBM (Blackberry
Messenger)yang dapat memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan adanyaBBM ini
sehingga membeli produk Blackberry .}
·
Contohnya : di kalangan anak muda banyak yang
memiliki Blackberry, ini dikarenakan teman mereka membeli BB yang kemudaian
mereka pun mengikuti temannya untuk membeli BB. Karena memiliki aplikasi BBM
dan bisa langsung terhubung degan media social seperti facebook dan twitter.} Kelompok acuan adalah kelompok yang yang
memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap seseorang dalam
pembelian produk.} Selain faktor budaya, perilaku konsumen dipengaruhi juga oleh
faktor sosial yang dapat mempengaruhi seseorang dalam pembelian produk. Yang
dimaksud faktor-faktor sosial seperti kelompok acuan, keluarga dan peran
sosial.}
·
Keputusan membeli juga
dipengaruhi oleh karakteristik pribadi. Karakteristik itu antara lain : usia,
pekerjaan, keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri. Juga gaya hidup
pembeli.Contoh : Rafio membeli Hp blackberry dikarenakan dalam pekerjaannya
banyak yang menggunakan Blackberry. Dan juga telah menjadi gaya hidup dalam
masyarakat. Tetapi karena ia hanya seorang pegawai kantor ia hanya mampu
membeli hp Blackberry dengan harga yang terjangkau}
·
Faktor Psikologis mencangkup
motivasi,presepsi,proses belajar, serta kepercayaan dan sikap. Dalam pembelian
produk hp ini berdasarkan faktor psikologis, maka akan mendapatkan kepuasan dan
kenyamanan dalam penggunaan produk tersebut.}
·
Dalam perilaku konsumen faktor budaya, sosial,
pribadi dan psikologis sangat berpengeruh terhadap seseorang dalam pembelian
suatu produk}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar