Kamis, 29 November 2012

MENINGKATKAN KOPERASI DAN TOKO RITEL

Kemampuan Toko Ritel Koperasi DitingkatkanPDFPrintE-mail
Written by Artikel
Friday, 23 November 2012 10:02
JAKARTA-Kementerian Koperasi dan UKM berupaya meningkatkan kemampuan manajemen usaha toko ritel koperasi melalui UKM Mart. Neddy Rafinlady Halim, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan peningkatan kapasitas manajemen tersebut diharapkan dapat meningkatkan akses ke sumber daya yang produkutif. "Peningkatan kapasitas itu dimaksudkan agar meningkatkan aksesibilitas ke sumber daya produktif seperti pembiayaan, informasi, perizinan.dan sebagainya," ujarnya di Jakarta, Rabu (21/11).
Menurutnya, keberadaan UKM Mart dengan sistem manajemen yang lebih baik akan semakin bermanfaat bagi koperasi sebagai institusi yang dipercaya mengelola usaha toko modern tersebut. Peningkatan kapasitas tersebut diharapkan meningkatkan daya saing UKM terhadap peritel modern. Sebagai toko modem skala koperasi, UKM Mart juga dilengkapi perangkat komputer, sehingga diharapkan dapat memperbaiki jaringan distribusi usaha tersebut. Neddy optimistis perbaikan manajemen dan kemampuan teknologi tersebut dapat meningkatkan daya saing UKM Mart ketika peritel modern hadir di sekitar lokasi usahanya.
Penampilan toko ritel koperasi tersebut, katanya, juga diperbaiki yang dilengkapi dengan sistem keamanan serta standar produk yang tinggi. Pelatihan dan pendampingan untuk UKM Mart pada tahun ini akan digelar di enam titik yakni Provinsi Sumatra Barat, Sum.hm Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, dan Kalimantan Selatan. Sementara itu, pemerintah meminta Dewan Koperasi Indonesia tidak menduplikasi program yang dilaksanakan Kementerian Koperasi dan UKM karena kegiatan itu akan mempersulit proses pencairan anggaran organisasi tersebut."
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram pada Selasa (20/11) mengatakan pencairan anggaran program kerja Dekopin sering terhambat karena program yang dilaksanakan hampir sama dengan kementerian yang bertanggung jawab pada pengembangan koperasi, usaha kecil, dan menengah tersebut.

Sumber : Bisnis Indonesia

http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1139:kemampuan-toko-ritel-koperasi-ditingkatkan&catid=50:bind-berita&Itemid=97

Tidak ada komentar:

Posting Komentar